Microsoft Windows 8

Windows 8 adalah versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.

Windows jenis N tidak memiliki fitur Windows Media Player dan web camera dan beberapa preinstalled aplikasi media (Camera, Music, dan Video). Untuk mendapatkan fitur tersebut user bisa download dari Microsoft atau menggunakan aplikasi dari perusahaan lain.

Windows 8.1 merupakan versi pembaruan dari Windows 8. Windows 8.1 ini terutama ditujukan untuk mengatasi keluhan yang dihadapi oleh pengguna Windows 8 dan pengulas di peluncuran. Terlihat perangkat tambahan termasuk layar mulai yang diupgrade, pandangan sekejap tambahan, aplikasi dibundel tambahan, terintegrasi dengan SkyDrive, sistem pencarian terpadu yang didukung oleh Bing, restorasi tombol Mulai terlihat pada bilah tugas dan kemampuan untuk memulai di desktop pada saat sistem dijalankan. Windows 8.1 juga menambahkan dukungan untuk teknologi yang sedang berkembang seperti pencetakan 3D, Wi-Fi Direct, dan meningkatkan dukungan untuk penanganan menampilkan resolusi tinggi.

Berikut adalah daftar versi software Microsoft Windows 8 dan 8.1 yang dapat di download dan digunakan melalui program Dreamspark UB:

Software Versi ISO Size Download
32 bit 64 bit
Windows 8 Windows 8 Enterprise and Enterprise N 2433 MB / 3329 MB download download
Windows 8 Pro N 2387 MB /3250 MB download download
Windows 8 Pro 2511 MB/ 3416 MB download download
Windows 8.1 Pro 2785 MB download download
Windows 8.1 Pro N 3537 MB download download
Windows 8.1 Enterprise and Enterprise N 3540 MB download download

Sebelum dapat dipergunakan, software harus diaktivasi terlebih dahulu. Silahkan datang ke Helpdesk TIK-UB di Gedung Rektorat Lt. II untuk mendapatkan Product Key untuk software di atas.