Gapura : UB Menuju Layanan Sistem Informasi Terpadu

GAPURA adalah sebuah portal sistem informasi layanan terpadu yang memberikan kemudahan akses akan informasi dan layanan bagi seluruh pengguna layanan Sistem Informasi UB. Mekanisme akses GAPURA berbasiskan Single Sign-On, yang memungkinkan pengguna hanya perlu satu kali login untuk dapat mengakses layanan sistem informasi UB sesuai hak aksesnya. Berbagai layanan system informasi di lingkungan UB secara bertahap diintegrasikan ke dalam GAPURA.


Email UB (@ub.ac.id) sebagai salah satu layanan sistem informasi yang paling sering diakses pengguna juga akan diintegrasikan ke GAPURA. Namun demikian, keterbatasan platform layanan email UB saat ini menyebabkan tidak dapatnya diintegrasikan ke GAPURA dengan baik. Untuk mengantisipasi kebutuhan pengguna mendatang dan kemudahan akses layanan email dari berbagai perangkat, UB menggunakan Google Suites for Education. UB@GSuite merupakan layanan Google Suite for Education yang tersedia khusus bagi pengguna layanan Sistem Informasi di UB, diantaranya adalah Gmail, Calendar, Drive, dan GDocs. Layanan tersebut akan memberi pengalaman akses baru dengan kapasitas penyimpanan jauh lebih besar pada layanan Email UB dan juga layanan aplikasi GSuite lainnya.

Untuk mewujudkan integrasi tersebut, maka Email UB (@ub.ac.id) akan secara resmi dimigrasi ke dalam platform Gmail dan mulai berlaku sejak tanggal 1 Agustus 2017. Migrasi tersebut tidak menyebabkan perubahan alamat korespondensi email (@ub.ac.id) yang biasa digunakan oleh pengguna Email UB, akan tetapi cara akses Email UB berubah disesuaikan dengan platform Gmail dari GSuite. Sejak tanggal migrasi tersebut, maka semua email baru akan diterima dan dikirim melalui platform Gmail dari GSuite.

Tautan untuk langkah-langkah migrasi layanan email adalah http://bits.ub.ac.id/langkah-dan-panduan-migrasi-email-ub/

Selama proses migrasi, akses ke layanan email yang lama dapat diakses melaluiĀ https://oldmail.ub.ac.id/