Gapura:
UB Menuju Layanan Sistem Informasi Terpadu

GAPURA adalah sebuah portal sistem informasi layanan terpadu yang memberikan kemudahan akses akan informasi dan layanan bagi seluruh pengguna layanan Sistem Informasi UB. Mekanisme akses GAPURA berbasiskan Single Sign-On, yang memungkinkan pengguna hanya perlu satu kali login untuk dapat mengakses layanan sistem informasi UB sesuai hak aksesnya. Berbagai layanan system informasi di lingkungan UB secara bertahap diintegrasikan ke dalam GAPURA.
Gapura menggunakan Single Sign-on (SSO) dan berkolaborasi dengan Gsuite.

Lebih Mudah Lebih Efisien Lebih Aman Lebih Terintegrasi Lebih Terkolaborasi

Ingin pelajari lebih banyak?

Single Sign On

Single Sign-On (SSO) adalah teknologi yang mengijinkan pengguna agar dapat mengakses sumber daya atau berbagai aplikasi dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja.

Dengan sistem authentifikasi ini, hanya dengan sekali login pengguna layanan TIK UB akan bisa mengakses beberapa aplikasi tanpa harus login di masing-masing aplikasi. Untuk mengakses layanan TIK UB menggunakan Single Sign-On, Anda dapat mengakses portal GAPURA UB

Manfaat

  • Mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memasukkan nama akun dan kata sandi setiap kali akan login ke dalam aplikasi UB.
  • Mengurangi kesalahan atau kesulitan dalam mengingat kata sandi karena hanya satu akun saja yang diperlukan untuk mengakses aplikasi UB.
  • Meningkatkan keamanan akun.
  • Satu kali logout untuk keluar dari semua aplikasi.

Akun UB Saya

BAIS (Brawijaya Authentification and Identification System) adalah layanan manajemen akun UB yang dapat digunakan pengguna untuk mengelola akun UB seperti penggantian kata sandi, lupa kata sandi, dan memutakhirkan biodata pengguna akun. Setiap pengguna layanan TIK UB hanya dapat memiliki satu akun pribadi saja.

Bantuan

Apa itu G SUITE

G Suite adalah paket layanan berbasis teknologi “cloud” dari Google yang menyediakan cara yang sepenuhnya baru untuk berkolaborasi secara online, tidak hanya menggunakan email dan chat, namun melalui konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen secara “real time”, dan masih banyak lagi.

Manfaat G SUITE

  • Membuat keputusan lebih cepat dengan bertatap muka
  • Kolaborasi real-time.
  • Menyimpan dan membagikan file di cloud.
  • Mengamankan data dan perangkat Anda.

Fitur

Hubungkan

Jangkau rekan kerja Anda dimanapun mereka berada.

Akses

Simpan file dan langsung temukan yang Anda butuhkan.

Buat

Semua yang dibutuhkan untuk mewujudkan kegiatan Anda.

Kontrol

Kelola pengguna, perangkat, dan data dengan aman dan mudah.

Migrasi

Mail UB (@ub.ac.id) akan secara resmi dimigrasi ke dalam platform Gmail dan mulai berlaku sejak tanggal 1 Agustus 2017. Migrasi tersebut tidak menyebabkan perubahan alamat korespondensi email (@ub.ac.id) yang biasa digunakan oleh pengguna Email UB, akan tetapi cara akses Email UB berubah disesuaikan dengan platform Gmail dari GSuite. Sejak tanggal migrasi tersebut, maka semua email baru akan diterima dan dikirim melalui platform Gmail dari G Suite.

Selama proses migrasi, akses ke layanan email yang lama dapat diakses melalui https://oldmail.ub.ac.id/

Bantuan SSO

Panduan SSO
  • Login di GAPURA dan buka aplikasi yang sudah terintegrasi SSO
  • Login dari aplikasi yang sudah terintegrasi SSO PDF
  • Logout di GAPURA dan cek aplikasi yang sudah terintegrasi SSO
  • Logout dari aplikasi yang sudah terintegrasi SSO

Bantuan GSuite

Akun Saya
Panduan GSuite
  • Tutorial Gmail Link
  • Tutorial Google Doc Link
  • Tutorial Google Drive Link
  • Tutorial Google Classroom Link
  • Tutorial Google Calendar Link
  • Sumber belajar lainnya Link
Bagaimana cara migrasi sendiri?