FAQ Network Authentication System (NAS) UB

  1. Q : Saat terhubung ke jaringan UB diminta log in ke https://nas.ub.ac.id:444/index.htm (NAS). Akun apa yang harus saya gunakan?
    A : Untuk mendapatkan layanan internet, semua Civitas Akademika UB diwajibkan log in menggunakan akun UB. Mahasiswa UB dapat menggunakan akun NIM dan password yang sama dengan akun untuk layanan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM). Untuk dosen dan staf kependidikan dapat menggunakan akun yang sama dengan layanan Sistem Informasi di UB. Informasi akun lebih lanjut, silahkan menghubungi Helpdesk TIK.
    .
  2. Q : Berapa jumlah perangkat yang diperbolehkan menggunakan akun yang sama?
    A : Setiap akun dapat digunakan log in secara simultan pada 3 perangkat (device) dalam waktu yang bersamaan. Ketika sudah lebih dari 3 perangkat maka akan muncul notifikasi “number of endpoints exceed the maximum, unable to log in”.
    .
  3. Q : Mengapa komputer saya tiba-tiba log out?
    A : 1). Secara otomatis komputer akan log out dari sistem NAS apabila tidak ada aktifitas koneksi internet dalam 30 menit (sebagai contoh: komputer shut down, sleep atau log out). 2). Setiap hari pada pukul 22.00 WIB, seluruh log in akan ter-log out secara otomatis oleh sistem NAS. Untuk selanjutnya mekanisme log in harus dilakukan lagi untuk menggunakan fasilitas koneksi internet.
    .
  4. Q : Bagaimana jika saya lupa password dan atau akun UB?
    A : Untuk lupa password Anda dapat menggunakan menu lupa password yang terdapat pada BAIS. Password baru akan dikirimkan ke e-mail alternatif yang sudah diisikan sebelumnya. Silahkan menghubungi Helpdesk TIK untuk keterangan yang lebih jelas.
    .
  5. Q : Bagaimana jika ada tamu yang membutuhkan akses internet?
    A : Silahkan menghubungi Helpdesk TIK untuk mendapatkan akses bagi tamu.
    .
  6. Q : Bagaimana cara log out secara manual?
    A : Untuk log out secara manual, silahkan mengakses halaman https://nas.ub.ac.id:444/index.htm dari browser dan klik tombol log out.

Catatan:

  1. Bagi pengguna yang memiliki akun UB dihimbau untuk melengkapi data e-mail alternatif pada halaman BAIS.
  2. Dimohon tidak meminjamkan akun Anda kepada orang lain, penyalahgunaan akun bukan tanggung jawab TIK UB.
  3. Untuk pengguna yang mengalami lupa password e-mail, lakukan proses forget password melalui BAIS menggunakan e-mail utama (UB) dan e-mail alternatif (non UB).
  4. Bagi yang lupa atau tidak mengetahui e-mail alternatifnya, dipersilahkan untuk mengunjungi Helpdesk TIK dengan membawa kartu tanda pengenal UB atau KTM.
  5. Untuk penggantian password diwajibkan untuk mengikuti ketentuan password minimal 8 karakter dan menggunakan kombinasi huruf & angka.