Layanan Email

Gapura UB

Gapura UB adalah sebuah portal sistem informasi layanan terpadu yang memberikan kemudahan akses akan informasi dan layanan bagi seluruh pengguna layanan Sistem Informasi UB. Mekanisme akses Gapura berbasis single-sign-on yang memungkinkan pengguna hanya perlu satu kali login untuk dapat mengakses layanan sistem informasi UB sesuai hak aksesnya. Info lebih lanjut tentang Gapura bisa dilihat di http://bits.ub.ac.id/gapura/.

Dengan adanya Gapura maka untuk akses ke email UB beserta aplikasi lainnya cukup lewat Gapura.ub.ac.id baik untuk email resmi maupun email mahasiswa. Email UB menggunakan layanan email berbasis Gmail dari Google dan juga aplikasi-aplikasi Google lainnya seperti Google Calendar, Drive, Docs dan Classroom.

Email Resmi UB

Email resmi UB dengan alamat @ub.ac.id disediakan bagi para dosen, staf, fakultas, jurusan, unit kerja dan lembaga resmi kampus lainnya.

Email Mahasiswa

Setiap mahasiswa UB bisa menggunakan layanan email untuk mahasiswa. Akun email mahasiswa berupa @student.ub.ac.id.

Aktivasi dan Pendaftaran Email UB

  1. Pendaftaran bagi staf atau dosen secara personal dan atas nama institusi, silahkan download formulir pendaftaran yang sesuai:

    Formulir Permohonan Email Personal
    Formulir Permohonan Email Institusi/Kegiatan

    Diwajibkan untuk melampirkan fotokopi SK NIK/Kartu Pegawai sebagai bukti nomor identitas pada saat menyerahkan formulir pendaftaran ke Helpdesk TIK.

  2. Aktivasi email bagi mahasiswa cukup lewat SIAM. Panduan telah tersedia di dalam SIAM dan bisa di download.

Bantuan

  1. Panduan login Gapura dan masuk ke Gmail
  2. Panduan Gmail
  3. Panduan pengaturan Gmail untuk Ms. Outlook
  4. Panduan pengaturan Gmail untuk Thunderbird
  5. Panduan memasukkan Gmail ke Android
  6. Panduan memasukkan Gmail ke iPhone
  7. Panduan lebih lanjut seputar Email dan Gapura