VPN UB

VPN UB

Universitas Brawijaya juga menyediakan layanan VPN.VPN (Virtual Private Network) adalah layanan yang memungkinkan Anda mengakses web secara aman dan pribadi dengan merutekan koneksi Anda melalui server dan menyembunyikan aktivitas online Anda.Layanan VPN yang tersedia di UB adalah PPTP dan L2TP. Layanan PPTP dan L2TP tersedia untuk Windows dan Android, sedangkan untuk Mac dan iPhone hanya L2TP. Agar lebih aman kami sarankan memakai L2TP karena menggunakan kunci (key). Selain itu untuk bisa menggunakan layanan VPN di UB pengguna harus memasukkan username dan password akun UB.

PPTP (Point-To-Point Tunneling Protocol) merupakan salah satu protokol yang sudah lama digunakan dan awalnya dirancang oleh Microsoft. Kelebihan PPTP: berfungsi pada komputer lama, merupakan bagian dari sistem operasi Windows dan mudah disiapkan. Kekurangan PPTP: kurang aman.

L2TP/IPsec (Layer 2 Tunneling Protocol) adalah kombinasi dari PPTP dan protokol L2F Cisco. Protokol ini menggunakan kunci untuk membuat sambungan aman di setiap ujung tunnel data Anda. Penambahan protokol IPsec juga meningkatkan keamanan.

Berikut beberapa panduan penggunaan VPN di UB:
Panduan VPN PPTP untuk Android
Panduan VPN L2TP untuk Android
Panduan VPN PPTP untuk Windows 10
Panduan VPN L2TP untuk Windows 10
Panduan VPN L2TP untuk Mac
Panduan VPN L2TP untuk iPhone
Panduan VPN Windows 7