Aturan untuk Website Universitas

manual prosedur | aturan untuk web universitas | aturan koneksi internet dan jaringan | hak cipta kebijakan privasi | kebijakan server | panduan situs

Seluruh informasi yang ditampilkan pada website resmi UB telah diverifikasi oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UB. http://ppid.ub.ac.id/

  • Jurusan, Fakultas, dan Unit Kerja bertanggung jawab untuk membuat dan memperbarui halaman mereka. Harap selalu mengupdate informasi di halaman terkait.
  • Jurusan, Fakultas, dan Unit Kerja wajib menyediakan versi bahasa Inggris dari situs mereka.
  • Situs web Jurusan, Fakultas, dan Unit Kerja harus memiliki RSS Feed. Jika situs tersebut menggunakan fasilitas wordpress UB, maka RSS Feed secara otomatis sudah dibuat. Jika situs Jurusan/Fakultas/Unit Kerja dikerjakan sendiri, pastikan ada fitur RSS Feed.
  • Perhatikan segala hal yang berkaitan dengan hukum hak cipta. Pastikan Anda memiliki izin untuk menggunakan material apapun yang Anda publikasikan dari penulis atau fotografer terkait. Pastikan bahwa material diberi kredit dengan benar. Lihat juga pernyataan hukum di halaman hak cipta/Kepemilikan, dan beri tautan ke halaman tersebut jika Anda memerlukannya untuk halaman Anda.
  • Harus ada setidaknya satu orang per Jurusan, Fakultas maupun Unit Kerja yang memiliki tanggung jawab keseluruhan atas konten website terkait (website manager).
  • Website manager bertanggung jawab untuk memastikan bahwa penulis materi universitas menjaga agar materi tersebut tetap up to date dan mereka tidak menaruh material yang tidak pantas di situs institusi. Penulis harus selalu berasumsi bahwa konten website apapun yang dihosting di server yang dimiliki oleh universitas dapat bersifat publik (terbuka bebas untuk diakses siapapun), meski sebenarnya tidak ditujukan untuk publik. Menjaga material agar tetap up to date dan dapat diakses adalah penting. Tidak boleh ada perubahan pada halaman-halaman tersebut tanpa pemberitahuan pada pihak yang bertanggung jawab untuk mengatur konten. Untuk info lebih lanjut mengenai hal ini, silakan hubungi Helpdesk TIK-UB.
  • Website manager bertanggung jawab untuk memastikan agar situs mereka juga dapat diakses oleh pengguna yang memiliki keterbatasan yang mungkin menggunakan teknologi pendamping (seperti screen readers atau screen magnifiers) untuk membaca halaman web. Informasi mengenai program kuliah dan belajar di universitas harus dapat diakses oleh semua. Elemen dan material program kuliah yang disediakan secara online juga harus dibuat dapat diakses dengan mudah.
  • Jika informasi yang ditampilkan terikat batasan waktu, maka tanggal validitas harus dituliskan dengan jelas (misal “Biaya kuliah Mahasiswa 2001-2002″).

Standar Web Universitas adalah WAI AA. Panduan lengkap tersedia dari W3C ( www.w3.org/TR/WCAG/). Universitas Brawijaya (UB) berkomitmen untuk menghadirkan web yang aksesibel yang dapat memberi akses penuh mengenai informasi universitas, program kuliah dan aktifitas yang ditawarkan melalui web kepada komunitas universitas. Universitas juga berkomitmen untuk mewujudkan standar aksesibilitas minimum untuk halaman web dan untuk mendorong publisher web untuk mencapai standar aksesibilitas. Jika Anda menggunakan teknologi pendamping dan format material di website kami yang menghalangi Anda dalam mengakses informasi, harap menghubungi webmaster dari web terkait. Silakan menghubungi Helpdesk TIK UB sebagai point kontak kedua setelah web terkait.